Friday, November 16, 2018

Tentang Daerah Saya

Keunikan, Budaya, dan Ciri Khas 
(Daerah Khusus Ibukota Jakarta)

         Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan tentang apa saja yang menjadi ciri khas kota Jakarta dan pastinya termasuk juga orang Betawinya.

Ya langsung saja di cek dibawah ini :


     1.Ondel-ondel


Meskipun Ondel-Ondel udah jarang ditemuin sekarang ini, tapi nyatanya ciri khas Jakarta ini justru yang kadang membuat semua anak Jakarta yang lagi merantau rindu dengan tempat asalnya. Biasanya, Ondel-Ondel ini banyak tersebar di berbagi tempat wisata di Jakarta, seperti halnya Monas. Apalagi setiap ada acara yang berhubungan dengan budaya Jakarta, Ondel-Ondel ini nggak pernah absen untuk berpartisipasi meramaikan acara.



     2.Logat betawi


Meskipun terkadang suka bikin tertawa, tapi logat Betawi ini adalah salah satu logat yang kental banget dan selalu bikin rindu. Bukan cuma di antara generasi tua, tapi generasi muda yang lama menetap di Jakarta pun juga masih menggunakan logat Betawi yang kental, meskipun hanya sekedar menggunakan kata “gue”, “elo”, bahkan kata penunjuk “di sono”. Tanpa sadar, logat Betawi ini pasti udah tertanam di diri penduduk Jakarta yang sudah lama menetap. Terkadang, saat kamu pindah ke luar Jakarta, pasti beberapa kosakatamu sulit dimengerti.



     3.Macet


Yang satu ini memang bukan hal yang membanggakan dari Jakarta. Tapi, saat kamu pindah domisili ke luar Jakarta, kamu pasti akan merasakan rindunya mengalami kemacetan lalu lintas bahkan sampai merasakan momen terpaksa berbuka puasa di jalan karena terjebak kemacetan. Meskipun suka bikin kesal, tapi kemacetan Jakarta ini sudah menjadi ciri khas dan menjadi hal yang bikin rindu Jakarta.



     4.Petasan


Menjelang bulan Ramadhan sampai berakhirnya bulan Ramadhan pasti selalu ditandai dengan pemasangan petasan oleh anak-anak sekitar. Belum lagi kalau ada acara pernikahan, kamu pasti pernah ngerasa bete deh kalau sekitaran rumah jadi super berisik dari pagi bahkan sampai malam dengan sederetan acara budaya pernikahan a la Betawi yang diiringi lengkap dengan menyalakan petasan. Meskipun terkadang menyebalkan, tapi tradisi ini pasti bakalan bikin kamu kangen kalau jadi anak rantau.



     5.Mall yang beragam


Coba ingat-ingat, ada berapa mal yang tersedia di Jakarta Pusat? Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Senayan City, FX dan masih banyak lagi. Begitu pula di daerah Utara, Selatan dan Jakarta Barat. Untuk kamu yang tinggal di Jakarta pasti nggak perlu kesulitan untuk melakukan perjalanan panjang karena hampir setiap area memiliki mal yang menarik untuk dikunjungi dan nggak akan pernah bosan karena ada banyak beragam mal di Jakarta yang wajib dikunjungi. Tapi, kalau kamu pindah ke luar kota atau luar negeri dengan jumlah mal yang rata-rata lebih sedikit, bisa jadi kamu akan rindu mal di Jakarta.

     Sumber : 
     (https://www.shopback.co.id/blog/10-ciri-khas-jakarta-yang-selalu-bikin-rindu)
     (http://belindomag.nl/id/feature-id/9-keunikan-kota-jakarta)

Berikut adalah yang dapat saya sampaikan tentang keunikan budaya dan ciri khas daerah saya tinggal.

No comments:

Post a Comment